123

Friday 11 March 2011

[It's Culture] BANKSY - Street Artist

0



Siapa yang tidak kenal Banksy?! Di dunia street art, dia seolah menjadi simbol dan salah satu legenda hidup street artist yang mengilhami banyak street artist di seluruh dunia untuk mengikuti jejaknya.

Banksy adalah seorang seniman grafiti anonim asal Inggris, aktivis politik, sutradara dan pelukis. Karya kritik jalanannya dan epigram subversif menggabungkan humor gelap, sopan dengan teknik grafiti "stensil" yang khas. Karya-karya artistiknya merupakan kritik politik dan sosial  yang ditampilkan di jalan-jalan, dinding, dan jembatan kota di seluruh dunia.



Anak seorang teknisi mesin fotokopi, ia dididik sebagai tukang daging, tetapi menjadi terlibat dalam graffiti ketika "ledakan besar aerosol Bristol" pada akhir 1980-an.


Bansky memulai karir sebagai freehand graffiti artist pada tahun 1992 - 1994, sebagai salah satu anggota Bristol's DryBreadZ Crew (DBZ). Ia terinspirasi oleh seniman lokal dan karya-karyanya adalah bagian dari Bristol underground scene.

Mengenai teknik yang digunakan dalam berkarya, Bansky menjelaskan :
"Saya menggunakan apa saja yang diperlukan. Terkadang saya hanya menggambar kumis di wajah seorang gadis di beberapa billboard, Terkadang saya harus menghabiskan waktu selama berhari-hari untuk membuat gambar yang rumit. Efisiensi adalah kuncinya."

Tak hanya mendapat pujian dari karya-karyanya, Bansky juga mendapat kritik dari tindakannya di ruang publik.

Peter Gibson, seorang juru bicara dari Keep Britain Tidy :
"menegaskan bahwa karya Banksy adalah vandalisme sederhana".
Diane Shakespeare, seorang petinggi di Keep Britain Tidy :
"Kami prihatin bahwa seni jalanan Banksy's mengagungkan apa yang pada dasarnya vandalisme".
Charlie Brooker, seorang kritikus dan kolumnis pada harian The Guardians:
"......karyanya terlihat sangat keren untuk para idiot".
Bibliography

Banksy memiliki beberapa buku yang diterbitkan sendiri yang berisi foto-foto karyanya di berbagai negara serta beberapa karya kanvas dan pameran, disertai dengan tulisan sendiri:
  • Banksy, Banging Your Head Against a Brick Wall (2001)
  • Banksy, Existencilism (2002)
  • Banksy, Cut It Out (2004)
  • Banksy, Wall and Piece (2005)
  • Banksy, Pictures of Walls (2005)

Dan Juga Film pertamanya hasil kerjasama dengan Thierry Guetta "The Mr. Brainwash", yang berjudul Exit Through the Gift Shop: A Banksy Film "the world's first street art disaster movie". Debut pertama film ini di ajang Sundance Film Festival, dan film ini masuk dalam nominasi Academy Award for Best Documentary Feature pada ajang Academy Award ke 83.



#dicted by : @rzkyawn
addopt from : http://en.wikipedia.org/wiki/Banksy

0 comments:

Post a Comment