123

Sunday 3 April 2011

[Book Review] Lelaki Tua dan Laut

0










Judul: Lelaki Tua dan Laut (The Old Man and The Sea)
Pengarang: Ernest Hemingway (1952)
Penerjemah: Yuni Kristianingsih Pramudhaningrat
Terbit: Cetakan 1, Mei 2009
Tebal: 145 halaman







Sebuah novel memukau yang dapat membangkitkan optimesme ini adalah karya terbaik Ernest Hemingway seorang pengarang legendaris Amerika dan pemenang hadiah Nobel sekaligus novel terakhir semasa hidupnya. Ya, novel Lelaki Tua dan Laut adalah sebuah novel brilian yang asik dibaca dan sarat makna ini bercerita tentang perjuangan seorang nelayan tua Kuba yang bernama Santiago yang berjuang seorang diri menangkap seekor ikan marlin raksasa, yang sebelumnya gagal menangkap ikan selama 84 hari berturut-turut. Novel yang ditulis dengan sederhana dan "mudah" untuk dibaca ini  juga mengajarkan kepada kita bahwa, kesabaran, ketabahan, kegigihan, dan keteguhan hati dalam mengarungi carut marut  cobaan hidup tak akan berakhir sia-sia. Di novel ini juga diceritakan tentang persahabatan Santiago tua dengan seorang pemuda yang bernama Manolin, ada haru dalam persahabatan mereka.
 
Novel yang asyik dibaca dan sarat akan makna ini ditulis hemingway saat tinggal di Kuba dan berhasil menyabet hadiah Pulitzer 1953 untuk kategori fiksi serta Award of Merit Medal for Novel dari American Academy of Letters, sekaligus mengantarkannya meraih hadiah Nobel sastra. Saking populernya, The Old Man and The Sea telah diadaptasi berkali-kali ke dalam film (bioskop dan TV). Antara lain yang tersohor adalah versi sinema produksi tahun 1958 dengan bintang utama Spencer Tracy sebagai Santiago dan film TV produksi 1990 yang dibintangi Anthony Quinn sebagai Santiago. Pada tahun 1999, karya Hemingway ini dialihkan ke dalam versi film animasi oleh Alexandr Petrov. Film animasi yang diciptakan dari 29 ribu gambar yang dilukis tangan ini dirilis bertepatan dengan peringatan 1 abad kelahiran Ernest Hemingway.


Ernest Hemingway (1899-1961), lengkapnya Ernest Miller Hemingwey anak seorang dokter yang lahir di Oak Park, Illinois, pada 21 juli 1899. Sebelum menjadi pengarang yang sukses dia pernah menjadi reporter magang di sebuah koran lokal yang terbit di Kansas City pada usia 17 tahun. Ia lalu menjadi supir ambulan pasukan sekutu di Italia dalam Perang Dunia  Pertama. Kemudian, sebagai wartawan muda ia menulis feature secara teratur untuk mingguan Star  weekly yang terbit di Toronto, Kanada.

Hemingway banyak menulis tentang hal-hal yang berbau kekerasan: perang, adu matador, perburuan di padang Afrika, kehidupan nelayan di laut. Ia menikah empat kali dan menjalani sekian banyak affair selama hidupnya. Sebuah anekdot mengatakan bahwa, untuk menyelesaikan novel hebat, dia membutuhkan istri yg berbeda. Pengarang flamboyan yang kecanduan alkohol ini akhirnya mati bunuh diri karena depresi setelah merasa kehilangan kemampuan menulis pada usia tuanya. ia menembak kepalanya dengan senapan berburu beberapa hari sebelum ulang tahunnya yang ke 62 tahun.


Salut kepada penertbit Serambi yang telah "berani" menerbitkan kary-karya klasik kehadapan khalayak pembaca tanah air. Ini bisa menjadi upaya memperkenalkan noel-novel klasik yang tak kalah bagus ditengah-tengah novel-novel fiksi masa kini. sebelum The Old Man and The Sea (lelaki tua dan laut), penerbit serambi telah menerbitkan novel fiksi klasik lainnya seperti Lolita dan Maria (Vladimir Nabokov), Bonjour Tristesse (Françoise Sagan), dan Breakfast at Tiffany's (Truman Capote).



#dicted by :  felixtst

0 comments:

Post a Comment