123

Thursday 19 November 2015

[JukeBox!] Boneka Matryoshkas

0

Matryoshkas pertama kali dibuat 1890 oleh Vasily Zvyozdochkin dengan desain dari Sergey Malyutin. Malyutin ini yang melakukan pewarnaan pada boneka itu. Dia terinspirasi oleh boneka Jepang yang namanya 'Tujuh Dewa Keberuntungan'. Matryoshkas yang dibuat oleh Malyutin awalnya hanya sebanyak 8 buah. Yang dibuat menyerupai sosok seorang perempuan yang sedang memegang burung gagak, kemudian boneka kedua didalamnya pun berisi seorang perempuan, selanjutnya boneka ketiga seorang lelaki, dan sisanya anak bayi.


Tahun 1900, istrinya Savva Mamontov membawa boneka-boneka itu ke sebuah pameran di Paris. Dan tanpa dikira mereka menang dan mendapat medali perunggu. Nah, mulai dari situ Matryoshkas mulai terkenal dan dibuat di beberapa tempat di Rusia.

Bentuk klasik dari Matryoshkas yaitu kepala bundar dan badan yang silindris. Tidak ada aturan khusus untuk jumlah junior dari boneka tersebut, tapi biasanya hanya berjumlah lima buah. Boneka Matryoshkas tidak mempunyai bentuk tangan dan kaki terkecuali jika bentuk tersebut hanya sebuah gambar. Boneka Matryoshkas tradisional biasanya berupa figur seorang perempuan Rusia yang sedang mengenakan sarafan (baju khas perempuan Rusia), yang didalamnya bisa berisi seorang lelaki, dan yang paling kecil biasanya itu bayi, akan tetapi seiring berkembangnya jaman gambar boneka Matryoshkas pun semakin beragam dan menggemaskan.

0 comments:

Post a Comment