123

Sunday 27 March 2011

[It's Culture] Shepard Fairey - OBEY

0


OBEY sebuah brand fenomenal dengan kontroversi yang tidak sedikit. Sebuah brand di industri kreatif yang sudah mendunia, yang selalu mengangkat issue seputar propaganda dibidang politik dan kehidupan sosial. Mungkin sudah banyak yang pernah mendengar dan tau OBEY, tapi tidak banyak yang tau siapa orang dibelakang nama besar OBEY.
 
Shepard Fairey. Yap, dialah orang dibalik nama besar OBEY. Seorang seniman kontemporer Amerika, Desainer Grafis dan juga Illustrator yang muncul dari dunia skateboard. Pria kelahiran 15 Februari 1970 ini pertama kali dikenal publik lewat aksi kampanye sticker André the Giant Has a Posse (..OBEY..).

Stiker OBEY adalah sebuah upaya untuk merangsang rasa ingin tahu dan membawa orang untuk mempertanyakan stiker dan hubungannya dengan lingkungan. Stiker ini sebenernya tidak ada artinya, tetapi hanya untuk memancing orang untuk bereaksi, untuk merenungkan dan mencari makna dalam stiker. Karena OBEY tidak memiliki arti yang sebenarnya, berbagai reaksi dan interpretasi orang-orang yang melihatnya akan mencerminkan kepribadian mereka dan sifat kepekaan mereka.

Shepard Fairey sekarang telah menjadi salah satu seniman paling produktif dan dihormati di Amerika, dengan karya-karya yang bermuatan politis budaya konsumen. Karyanya menjadi lebih dikenal secara luas dalam pemilihan presiden AS 2008, khususnya Barack Obama "Hope" poster. Institute of Contemporary Art, Boston menyebut dia sebagai salah satu artis paling dikenal dan paling berpengaruh saat ini di dunia street art. Karyanya juga masuk dalam koleksi di The Smithsonian - Los Angeles, County Museum of Art Museum of Modern Art - New York, Museum of Contemporary Art - San Diego, the National Portrait Gallery - Washington, dan di Victoria and Albert Museum - London.



Sources :
www.wikipedia.com
http://obeygiant.com/
http://obeyclothing.com/

Dicted by : rzkyawn

"WHATEVER PEOPLE SAY I AM, THAT'S WHAT I'M NOT!"

0 comments:

Post a Comment