123

Sunday 17 April 2011

[Movie Review] Exit Through the Gift Shop - Banksy

0


Exit Through the Gift Shop

Directed by : Banksy
Produced by : Holly Cushing


Jaimie D'Cruz


James Gay-Rees
Narrated by : Rhys Ifans
Starring : Thierry Guetta


Banksy


Shepard Fairey


Invader


André
Music by : Geoff Barrow
Editing by : Tom Fulford


Chris King
Studio : Paranoid Pictures
Distributed by : Revolver Entertainment

Jika ide tentang seorang street artist yang berupaya membuat sebuah dokumenter tentang dunia street art terdengar membosankan dan klise, maka Banksy jelas harus diacungi jempol karena berhasil membuat "Exit Through the Gift Shop" menjadi tontonan yang informatif sekaligus menghibur secara bersamaan.

Sedari awal kita tidak dihujani dengan segala informasi perihal dunia street art semata, kita justru lebih dulu dibawa untuk mengikuti Thierry Guetta, seorang pria obsessive-compulsive dengan kegemaran merekam kehidupan di sekitarnya melalui kamera video. Dan saat Guetta akhirnya menemukan subyek untuk kegemarannya tersebut, sejarah pun dimulai. Dokumenter ini bermain dalam berbagai level: ada sejarah singkat tentang dunia street art di sini, termasuk menghadirkan beberapa nama besar para pelakunya.

Ada juga asupan biografi perihal kehidupan Guetta, videographer amatir yang lantas --atas saran Banksy sendiri, dan kelak akan Banksy sesali-- menjadi street artist instant. Lantas pertanyaan bergulir, bahkan menyoalkan keaslian film ini sebagai sebuah pure documentary. Apakah Guetta benar-benar nyata? Atau malah hanya tokoh rekaan Banksy sendiri? Apapun itu, toh pertanyaan tersebut hanya mempertajam 'pertanyaan' utama dalam film ini. (sekaligus memperlihatkan kejeniusan Banksy dalam mengatur struktur filmnya). Pertanyaan usang namun krusial perihal modern art. Terutama jika menyinggung soal 'modern works of art'. It works, but is it Art?



#dicted by : Willy Aditya

0 comments:

Post a Comment